Rabu, 04 April 2012

BERFIKIR BAIK ATAU BURUK ??


Kamu sering berfikiran baik atau buruk? Kalau baik bagus dan teruskan, tapi kalau lebih sering berfikiran buruk jangan terusin. Karena cara berfikir kita menunjukan bagaimana cara kita menanggapi masalah yang terjadi. Sekarang aku mau curhat dikit deh :p.
Semester kemaren ada satu pelajaran yang memang aku lemah dalam pelajaran itu, aku juga tidak terlalu yakin akan jawabanku ketika ujian. Hal itu yang membuat aku takut dan berfikir yang aneh-aneh bahwa nilaiku di pelajaran itu akan jelek. Semenjak setelah ujian berakhir sampai nilai keluar aku terus-terusan deg-degan. Aku terus berdoa kepada Tuhan agar nilaiku tidak jelek tetapi tetep dalam keadaan aku takut dan berfikir negatif. Sampai akhirnya nilai-nilai ujian keluar dan hal yang aku takutkan terjadi, ternyata nilaiku di pelajaran itu jelek. Aku cerita ke salah satu temanku tentang fikiran jelekku yang menjadi kenyataan. Temanku menasehatiku agar lain kali jangan berfikir jelek dulu sebelum hal yang dimaksudkan terjadi. Dia berkata “deg-degan itu wajar tapi jangan berfikiran negatif dulu. Fikiran itu bisa jadi doa loooh, makanya apa yang kita fikirkan bisa jadi kenyataan. Berfikir positif aja, berfikir bahwa kita telah melakukan yang terbaik, bagaimanapun hasilnya serahkan kepada Tuhan. Itu berbeda dari berfikir negatif”. Dari kata-kata dia aku belajar untuk tidak membiasakan diri untuk tidak gampang berfikir negatif. Terus berfikir bahwa semua akan baik-baik saja, ya intinya berfikir positif.
Jadi untuk kamu yang lagi deg-degan karena sedang menunggu sesuatu atau sedang dalam masalah tertentu jangan langsung berfikir negatif, tapi setting fikiran kamu bahwa semua akan baik-baik saja. Caranya mudah aja, terus katakan “semua akan baik-baik saja” berulang-ulang kali kalau perlu agar kamu juga semakin tenang selain itu terus berdoa kpada Tuhan.
Selain dalam menunggu sesuatu, berfikiran negatif juga jangan dibiasakan dalam sebuah pertemanan, karena hal itu akan membuat temanmu lama kelamaan menjauh darimu. Sekarang aku meu cerita lagi yaa :p
Aku mempunyai seorang teman lelaki yang terbiasa berfikir negatif. Dia dulunya berteman deket dengan seorang teman perempuan yang juga temanku. Mereka sangat dekat, sering jalan bareng, curhat-curhatan sampe cerita hal-hal yang mungkin tidak diketahui orang lain kecuali merka berdua, saling membantu satu sama lain, dan lain-lain. Sampai akhirnya teman perempuanku masuk kuliah sedangkan temanku yang lelaki kerja. Teman perempuanku mungkin mulai sibuk dengan kesibukannya yang baru dan berbagai tugasnya. Teman lelakiku merasa teman perempuanku itu menjauh dari dirinya dan berfikir bahwa teman perempuanku itu menjauh karena mempunyai kesibukan baru, teman baru, kuliah sampai mantan pacarnya yang sebenarnay tidak ada sangkut pautnya. Hal itu membuat teman perempuanku agak kesal karena pada dasarnya teman perempuanku ini masih peduli terhadap teman lelakiku ini. Tetapi teman lelakiku ini terus berfikir negatif seperti itu lagi. Hal itulah yang akhirnya memicu pertengkaran mereka berdua. Teman perempuanku ini sudah berusaha agar pertemanan mereka kembali lagi seperti dulu, dari meminta maaf sampai meminta bertemu untuk membicarakan dan menyelesaikan masalah. Tetapi tidak kunjung selesai karena teman lelakiku tidak menghiraukan dan sudah terlanjur berfikir teman perempuanku sudah lupa sama dia teman lamanya. Akhirnya teman perempuanku ini sudah merasa lelah, tidak tahu harus berbuat apa lagi dan sudah tidak terlalu perduli lagi apa yang difikirkan oleh teman lelakiku ini.
Dari sini aku dan kamu bisa belajar gak ada baikknya memelihara fikiran negatif akan sesuatu, yang ada malah merugikan kita. Hal yang kita takutkan dan sebenarnya tidak kita inginkan bisa saja terjadi, kita bisa kehilangan teman atau sahabat yang kita sayangi dan masih banyak hal-hal buruk lain yang mungkin terjadi karena fikiran-fikiran negatif kita. Jadi mulai sekarang mulailah berfikir positif dalam menanggapi masalah. Dan buat kamu yang gampang berfikir negatif, kuarangin aja deeeh kalo bisa hilangin aja dari pada terus ngerugiin kamu. J J

0 komentar:

Posting Komentar